Senin, 17 Juni 2013 6/17/2013

Wamentan Minta Petani Perhatikan Pola Tanam dan terapkan Pengendalian Hama Terpadu



Malang – Wakil Menteri Pertanian, Dr. Rusman Heriawan meminta petani untuk mewaspadai fenomena perubahan iklim global (climate change) yang membuat siklus musim berubah, dimana kondisi tersebut menyebabkan terganggunya produktivitas pangan. ”Saya himbau kepada para petani agar secara pro aktif melakukan antisipasi dampak perubahan iklim terhadap kegiatan agribisnis  petani dengan menerapkan pola tanam dan teknologi sesuai anjuran. Selain itu petani juga perlu menerpkan pengendalian hama terpadu untuk meminimalisir dampak perubahan iklim global tersebut,” kata Wamentan saat membuka acara Batu Fair 2013 di Alun – alun Kota Batu, Malang, Jawa Timur pada Kamis (13/6/2013).
 
Menurut Wamentan, pertanian merupakan salah satu subsektor strategis yang secara ekonomis, ekologis dan sosial budaya mempunyai peranan yang penting dalam pembangunan nasional. ”Hasil produksi pertanian merupakan bahan pangan utama masyarakat di samping sebagai bahan baku industri baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor. Oleh karena itu, pertanian harus benar – benar kita jaga dan pelihara,” tegasnya.  
 
Lebih lanjut dikatakan Wamentan, untuk menjadi bangsa yang berhasil dan sejahtera, ada tiga syarat yang harus dipenuhi, antara lain: (1) kemadirian pangan karena kemandirian adalah dasar dari kekuatan, ketahanan dan kemampuan untuk terus maju, (2) daya saing yang tinggi.dimana dalam era globalisasi yang sarat dengan persaingan dan tantangan harus dicari peluang untuk menjadi bangsa yang unggul, produktif, inovatif, menguasai ilmu pengetahuan & teknologi, cerdas serta berani menghadapi perubahan. ”Kita bisa memanfaatkan peluang khususnya dalam menghadapi AEC 2015,” jelas Mentan.
 
Sementara itu, syarat ketiga adalah mampu mempertahankan nilai, jati diri dan karakter bangsa yang luhur dan terhormat.”Dengan tiga kekuatan utama tersebut yaitu kemandiiran, daya saing, dan peradaban bangsa yang tinggi, saya yakin kita akan mmapu menghadapi tantangan, serta mampu bersaing dengan negara lain,” kata Wametan.  
 
Terkait dengan pelaksanaan acara Batu Fair 2013 yang berbarengan dengan peringatan Hari Krida Pertanian (HKP), Wamentan mengapresiasi kolaborasi antara Pemkot Batu dan panitia Hari Krida Pertanian (HKP) dalam rangka memperkenalkan produk unggulan dan potensi daerah dalam rangka mendukung terwujudnya pertanian industrial berbasis sumberdaya lokal.
 
Saya berharap agar kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi dan mengenalkan produk pertanian unggulan dan bisa digunakan sebagai sarana edukasi bagi para petani khususnya dalam mempraktekan pertanian dan pengolahan pangan yang baik (GAP, GMP) serta sebagai forum untuk bertukar informasi bagi para petani dalam melakukan kegiatan agribisnis, harapnya.
 
Sumber: Biro Umum dan Humas
WWW.DEPTAN.GO.ID

0 Comments On "Wamentan Minta Petani Perhatikan Pola Tanam dan terapkan Pengendalian Hama Terpadu"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERITA TERKINI

« »
« »
« »

GALERY AGROTEKNOLOGI

Cari Blog Ini

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

ANDA PENGUNJUNG KE

Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Templates

Translate

close

Entri Populer

SALAM AGROTEKNOLOGI

SALAM AGROTEKNOLOGI

Cuaca Hari ini

free counters

HASIL PERTANIAN

HASIL PERTANIAN

Pengikut

About Me