Selasa, 15 Mei 2012 5/15/2012

Kontribusi Mahasiswa dalam Pembangunan Pertanian Indonesia

      Belajar adalah satu kata yang selama ini menjadi bagian dari sebagian besar hidup seseorang. Beberapa jam dari jam biologi manusia dihabiskan untuk melakukan kegiatan belajar. Bahkan dari semenjak keluar dari rahim kita telah dikenalkan dengan iktikad belajar. Satu hal yang identik dengan belajar adalah kegiatan pendidikan. Bayi yang baru lahir dituntut untuk melakukan suatu pembelajaran agar mampu bertahan hidup misalnya belajar untuk mengenali ibu yang telah melahirkannya agar memperoleh asupan ASI. Pendidikan bagi seseorang menjadi suatu identitas strata keberadaannya di tengah masyarakat. Semakin tinggi pendidikan yang dikaji maka akan semakin tinggi derajatnya di tengah masyarakat. Hal ini ini terlihat jelas antara seorang doktor di universitas dengan seorang tukang parkir yang hanya lulus ditingkat sekolah dasar saja.

        mahasiswa berasal dari dua kata yang digabungkan, yaitu Maha dan Siswa. Maha yang artinya tertinggi sedangkan siswa adalah bagian dari kaum pelajar. Jadi, mahasiwa adalah orang yang memiliki pendidikan lebih tinggi dibandingkan yang lain sehingga masyarakat menganggapnya orang yang mampu menyampaikan aspirasi suara hatinya. Ada beberapa fungsi atau peran mahasiswa, secara umum mahasiswa menyandang tiga fungsi strategis, yaitu sebagai penyampai kebenaran (agent of social control), sebagai agen perubahan (agent of change), dan sebagai generasi penerus masa depan (iron stock).( Ridarmin,1006)
       Mahasiswa adalah suatu bagian yang tidak terpisahkan dari negara ini karena peran pentingnya yang begitu besar terhadap majunya sebuah peradaban yang sedang dibangun oleh bangsa ini. Peradaban yang mempunyai cita cita luhur dan mulia, yaitu menuju Indonesia yang makmur dan sejahtera.
       Mahasiswa adalah bagian dari sebuah harapan kecil masyarakat yang diharapkan dapat merubah kondisi bangsa yang saat ini semakin runyam akibat dari berbagai permasalahan yang terjadi, baik itu masalah politik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, sandang dan juga pangan.
Mahasiswa yang diharapkan lahir menjadi pemimpin pemimpin tangguh, berakhlak mulia dan intelektual serta kritis terhadap kondisi bangsanya.
Mahasiswa berperan sebagai penjaga nilai nilai moral di dalam masyarakat.nilai nilai yang harus dijaga mahasiswa adalah nilai nilai yang bersifat mutlak serta tidak ada lagi keraguan didalamnya.Maka sudah seharusnya mahasiswa menjadi contoh yang baik di lingkungan masyarakat serta juga menjadi bagian untuk mencegah hal hal yang merusak nilai nilai moral yang saat ini sedang merongrong kehidupan para pemuda.
       Mahasiswa berperan sebagai Agen Perubahan. Mahasiswa yang diharapkan oleh masyarakat menjadi bagian dari perubahan dan aktor yang membawa bangsa ini menjadi lebih baik, lebih bermartabat, lebih makmur, lebih sejahtera dan lebih tentram.Mahasiswa seharusnya menjadi garda terdepan dalam mengawal serta melakukan perubahan yang sejak lama diimpikan oleh masyarakat banyak dikarenakan mahasiswa adalah kaum serta golongan yang “eksklusif”.Perubahan itu sendiri sebenarnya dapat dilihat dari dua pandangan. Pandangan pertama menyatakan bahwa tatanan kehidupan bermasyarakat sangat dipengaruhi oleh hal-hal bersifat materialistik seperti teknologi, misalnya kincir angin akan menciptakan masyarakat feodal, mesin industri akan menciptakan mayarakat kapitalis, internet akan menciptakan menciptakan masyarakat yang informatif, dan lain sebagainya. Pandangan selanjutnya menyatakan bahwa ideologi atau nilai sebagai faktor yang mempengaruhi perubahan.
      Kini mahasiswa sangat pasif dan tidak peka dengan isu-isu terkini. Mahasiswa sekarang kebanyakan memiliki sifat egois yang tinggi sehingga isu-isu terkini tak dihiraukannya. Mahasiswa tak lagi mendengarkan suara rakyat yang menderita karena kebijakan pemerintah. Banyak mahasiswa sekarang yang hanya mementingkan nilai (IPK) dan berbagai aktivitas akademik. Baginya IPK sangat penting karena untuk kepentingan mencari kerja sehingga melupakan fungsi dan peran mahasiswa itu sendiri. Jika kita mau merenungkan dan sedikit berfikir lebih dalam, bahwasanya apa yang dilakukan mahasiswa sekarang kurang tepat yang hanya mementingkan kegiatan akademik.
Jika ini terus terjadi maka yang dikhawatirkan pemerintah dapat leluasa membuat kebijakan yang membelitkan petani sehingga petani sebagai obyek menderita. Pemerintah menjadi sewenang-wenang dalam mengambil keputusan dan bersifat diktator yang selalu tak mendengarkan hati rakyat. Akibat yang sangat parah lagi negara menjadi alat memperkaya diri oleh beberapa kalangan elit, karena memeras rakyat dengan kebijakannya. Inilah yang dikawatirkan selama ini oleh berbagai kalangan, adanya transformasi peran mahasiswa.

Gambaran umum Pertanian Indonesia
            Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya yang tersebar luas di seluruh kawasan di Indonesia. Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan sebutan negara agraris yang berarti sebagian besar masyarakat Indonesia bermatapencaharian sebagai petani. Selain dari pada itu, Indonesia juga terkenal dengan tanahnya yang subur sehingga di mana saja menanam tanaman bisa tumbuh dengan subur.
        Pertanian merupakan sektor primer dalam perekonomian Indonesia. Artinya pertanian merupakan sektor utama yang menyumbang hampir dari setengah perekonomian. Pertanian juga memiliki peran nyata sebagai penghasil devisa negara melalui ekspor. Oleh karena itu perlu diadakannya pembangunan di dalam sektor pertanian sehingga dapat bersaing di pasar dalam negeri maupun di luar negeri.
Potensi pertanian yang terhampar sangat luas dengan karakteristik-karakteristik iklim yang berbeda saat ini menjadi salah satu potensi yang masih belum dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh bangsa Indonesia. Potensi pertanian Indonesia dalam arti pengertian pertanian yang seluas-luasnya antara lain pertanian sawah, buah-buahan, sayuran, palawija, perkebunan, peternakan, perikanan air tawar dan laut, hutan, dan lain sebagainya, yang semua itu adalah potensi yang disadari oleh seluruh bangsa Indonesia.
        Ketidaksadaran akan kekayaan alam yang dimiliki terutama kekayaan potensi pertanian disebabkan oleh salahnya pemahaman akan pertanian itu sendiri. Pertanian hanya diartikan sebagai aktifitas menanam padi dan sayuran di pedesaan. Padahal menurut Andi Hakim Nasution (1990), bahwa pertanian diartikan sebagai suatu usaha untuk mengadakan suatu ekosistem buatan yang bertugas menyediakan bahan makanan bagi manusia. Semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi dari bidang pertanian. Sehingga semua potensi yang dimiliki -tidak hanya pesawahan- dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Kebutuhan pangan manusia tidak hanya unsur karbohidrat yang berasal dari beras akan tetapi manusia membutuhkan zat-zat lain untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi. Kebutuhan akan gizi dan nutrisi contohnya buah-buahan dan sayuran yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin, hewan ternak dan ikan yang dapat memenuhi kebutuhan protein hewani. Selain kebutuhan akan pangan, pertanian juga bisa memenuhi kebutuhan akan sandang dan papan. Pakaian yang dipakai oleh kita sehari-hari merupakan bahan jadi dari kapas yang notabene komoditi pertanian. Kayu yang digunakan untuk membangun rumah tinggal kita merupakan komoditi pertanian dari sektor kehutanan. Jadi bisa disimpulkan bahwa pertanian harus diartikan seluas-luasnya yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia akan pangan, sandang dan papan.
Terjadinya krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada pertengahan 1997 menunjukkan bahwa sektor pertanian dapat bertahan dari sektor yang dibangga-banggakan pada tahun tersebut yaitu sektor industri. Bahkan sektor pertanian mengalami pertumbuhan sebesar 0,22%. Padahal perekonomian Indonesia pada saat itu mengalami penurunan pertumbuhan sekitar 13,68%.(Abdulrahman,2007)
       Program Revitalisasi Pertanian yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Juni 2005 dilatar belakangi oleh fakta empiris yang telah diuraikan pada bagian pendahuluan. Bahwa pertanian adalah bagian vital dalam mewujudkan kesejahteraan umum. Agenda pokok dari Revitalisasi Pertanian adalah mempercepat peningkatan produksi dan nilai tambah produk pertanian. Namun kita menghadapi persoalan dalam melaksanakan program tersebut. Persoalan-persoalan tersebut contohnya sumber daya yang semakin sedikit terutama lahan, investasi, kelembagaan dan skala usaha yang masih kecil. Memang secara tugas, itu semua menjadi tanggungan pemerintah pusat yang bekerja sama dengan pemerintah daerah, akan tetapi kita sebagai warga negara Indonesia harus turut bahu membahu membangun pertanian dengan berbagai permasalahan tersebut.
       Dengan adanya usaha pembangunan pertanian, muncul pula masalah-masalah yang akan memperlambat laju perkembangan pertanian di Indonesia. Masalah tersebut muncul mulai dari kerusakan alam yang diakibatkan oleh pelaku produksi dan konsumen pertanian hingga minimnya pendidikan petani. Hal tersebut disebabkan oleh pola hidup yang berubah dari petani itu sendiri, misalnya minimnya pengetahuan akan pemanfaatan dan pengembangan pertanian modern, politik pertanian serta mulai hilangnya nilai budaya dan semangat yang dimiliki oleh petani.

Tuntutan Peran Mahasiswa dalam Dunia Pertanian
           Melihat kondisi pertanian yang tidak terbersit pun bayangan di pikiran kita bahwa pertanian akan memberikan dampak positif bagi bangsa ini dan semakin berkurangnya generasi muda pertanian yang secara hati menambatkan cintanya untuk bidang ini, maka tidak ada lagi generasi yang secara kapasitas intelektual mumpuni dan bisa memberikan perubahan yang signifikan terhadap pertanian kecuali Mahasiswa Pertanian.
       Mengapa harus Mahasiswa Pertanian ? Karena pada hakekatnya mahasiswa tidak lagi mendapatkan ilmu akan tetapi mahasiswa harus menemukan ilmu. Spesifikasi berwawasan global, itulah yang dibutuhkan oleh mahasiswa Indonesia. Tentunya mahasiswa yang bergelut di bidang ilmu pertanian sudah menjadi sebuah idealismenya untuk membangun pertanian. Walaupun terkadang memang mereka kehilangan orientasi dalam idealismenya. Hal ini wajar karena manusia membutuhkan hidup dan hidup membutuhkan makan. Tetapi hal ini pada dasarnya akan bisa diatasi dengan kita konsisten pada jalan yang kita tempuh dengan usaha dan kerja keras serta kesabaran.
         Seperti uraian diatas bahwaIndonesia adalah negara agraris yang lahan pertaniannya sangat luas dan pertanian adalah satu-satunya bidang yang bisa menyerap tenaga kerja terbanyak. Sehingga peran mahasiswa pertanian bisa secara langsung dirasakan oleh bangsa ini. Selain itu, kondisi sumber daya alam dan sebagaian besar masyarakat Indonesia bermata pencaharian dari pertanian (dalam arti luas). Sehingga pertanian menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia. Jika pertanian maju maka kesejahteraan pun akan maju terutama nilai tukar petani (indikator kesejahteraan petani).
       Peningkatan pendidikan juga dapat dilakukan oleh mahasiswa pertanian untuk kalangan yang berkecukupan. Penyaluran ilmu yang dimiliki mahasiswa pertanian dapat diberdayakan dari beberapa kegiatan seperti menjadi seorang asisten dosen, asisten praktikum, atau pengajar di bimbingan belajar. Kegiatan yang dilakukan harus berlandaskan jiwa keinginan memajukan pendidikan Indonesia, sedangkan uang yang diperoleh dari jasa mengajar hanya dianggap sebagai hadiah kecil yang terlebih dahulu diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada mahasiswa pertanian ketika di dunia karena hadiah yang sebenarnya akan diberikan pada saat kehidupan setelah mati yang nilainya tidak dapat dihitung jika mahasiswa pertanian tersebut melakukannya dengan ikhlas.
       Upaya lain yang juga dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa pertanian adalah mencoba membuat varietas-varietas unggul yang dapat meningkatkan output pertanian Indonesia. Varietas yang dihasilkan melalui serangkaian penelitian dapat dibudidayakan dengan optimal agar output pertanian yang dihasilkan berpengaruh besar terhadap peningkatan perekonomian negara. Peningkatan perekonomian ini diharapkan dapat menghilangkan ketergantungan Indonesia akan impor produk pertanian selama ini. Selain itu diharapkan dapat mengurangi biaya kebutuhan pokok masyarakat sehingga masyarakat Indonesia tidak lagi dihantui dengan mahalnya harga kebutuhan pokok seperti beras, cabe, gula, minyak goreng dan lain sebagainya. Uang yang sebelumnya habis digunakan untuk biaya makan dapat disisihkan untuk membiayai pendidikan anak yang selama ini sempat terhambat bagi keluarga kurang mampu. Semua tindakan yang dilakukan untuk memajukan pendidikan Indonesia akan berbuah manis jika semua pihak ikut berpartisipasi. Tidak hanya dari mahasiswa pertanian sendiri, tapi juga dari pemerintah, instansi, masyarakat, dan orang tua anak putus sekolah karena pendidikan penting untuk kehidupan yang lebih baik.
Kontribusi Mahasiswa Pertanian
       Selaku mahasiswa maka sepatutnya lah kita dapat memberikan sebuah kontribusi terhadap perubahan bangsa ini. Mengingat peran dan fungsi mahasiswa yang telah dijabarkan secara indah tidak bisa di tunda apalagi sampai ditinggalkan. Kenapa kita harus memberikan kontribusi kepada negara ini ? Karena kita lahir dari tanah air ini, kita besar oleh tanah air ini dan kita mati pun di tanah air ini. Kita dibesarkan oleh uang-uang negara yang berasal dari pajak-pajak masyarakat yang setiap tahunnya seorang mahasiswa mendapatkan minimal 6 juta rupiah persemester untuk membiayai kuliahnya di perguruan tinggi.
         Banyak mahasiswa pertanian yang bertanya tentang apa yang bisa mereka berikan sebagai tanda kontribusinya kepada negara ini maka sangat ironis sekali bahwasannya insan-insan cendikia berintelektualitas tinggi di bidang pertanian tidak mengetahui peran dan kontribusi apa yang akan diberikan untuk kemajuan pertanian. Kontribusi mahasiswa khususnya mahasiswa pertanian sering dipersepsikan dan hanya terbatas bahwa kontribusi yang bisa dilakukan hanya melalui aksi-aksi demonstrasi mengkritisi kebijakan pertanian yang cenderung merugikan petani. Padahal kontribusi-kontribusi lain yang dapat diberikan oleh seorang mahasiswa pertanian dengan kekayaan khasanah jiwa dan semangat pertaniannya sangat banyak, misalnya melalui pendampingan petani dalam program bina desa pertanian, training-training yang dilakukan melalui kelembagaan mahasiswa di tingkat perguruan tinggi, kampanye membangun image pertanian dan lain sebagainya.
       Mengutip Program Departemen Pertanian yang tertuang dalam blue print Revitalisasi Pertanian adalah meningkatkan ketahanan pangan, pertanian berbasis agroindustri dan kesejaterahaan petani, maka peranan yang bisa diambil oleh mahasiswa bisa menyesuaikan dengan program pemerintah dalam hal ini Departemen Pertanian agar tercipta sinergisitas yang bersifat konstruktif. Langkah yang bisa dijalankan adalah seperti melakukan pendampingan petani yang menyeluruh, melakukan kegiatan yang membangun citra pertanian saat ini sangat menurun agar masyarakat tersadar akan pentingnya pertanian dengan segala potensi yang dimiliki oleh bangsa kita, melakukan advokasi terhadap kondisi petani dan buruh tani sebagai subjek pertanian secara langsung.
       Memang awalnya sulit untuk merubah suatu keadaan. Namun jangan mudah menyerah, kita sebagai mahasiswa harus terus berjuang untuk kemajuan bangsa ini khusunya di bidang pertanian, Mahasiswa pertanian dituntut dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan pertanian yang sedang dihadapi bangsa dan negaranya dengan keluasan ilmu dan intelektualitasnya. Banggalah menjadi mahasiswa pertanian, wahai para calon petani berdasi, peternak berdasi, nelayan berdasi.. Mudah-mudahan peran mahasiswa kedepannya dapan memajukan Negara kita tercinta ini khususnya di bidang pertanian
sumber :http://politik.kompasiana.com/2012/05/13/kontribusi-mahasiswa-dalam-pembangunan-pertanian-indonesia/

0 Comments On "Kontribusi Mahasiswa dalam Pembangunan Pertanian Indonesia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERITA TERKINI

« »
« »
« »

GALERY AGROTEKNOLOGI

Cari Blog Ini

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

ANDA PENGUNJUNG KE

Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Templates

Translate

close

Entri Populer

SALAM AGROTEKNOLOGI

SALAM AGROTEKNOLOGI

Cuaca Hari ini

free counters

HASIL PERTANIAN

HASIL PERTANIAN

Pengikut

About Me