Selasa, 07 Juni 2011 6/07/2011

Syarat Tumbuh Tanaman kopi


Syarat Tumbuh Tanaman kopi
kopi adalah minuman yang terasa segar dinikmati oleh seseorang. apalagi pecandu kopi.
kadang orang ndak tau kopi berasal dari mana. kopi(Coffea sp) merupakan tanaman yang berasal dari daerah benua afrika yang tumbuh di hutan2 dengan jenis yang beragam. nama Coffea diambil dari sebuah nama kota di negara Abessinia atau Ethiopia yaitu kota Coffa. dalam sejarah kota ini dikenal sebagai pusat perkopian yang pertama di dunia. sejak abad 27 mulai dilakukan penanaman besar-besaran kopi di daerah jajahan portugis dan spanyol di benua Asia, Afrika dan Amerika. jenis kopi yang banyak diusahakan di Indonesia yaitu Robusta dan Arabika, meskipun dulu ada kopi jenis Liberika di tanam di Indonesia, tapi sekarang sulit untuk dijumpai jenis tanaman tersebut. Berdasarkan Klasifikasi dan Botani Tanaman, Kopi termasuk dalam :
Kingdom          : Phyta
Divisio               : Spermatophyta
Sub Divisio       : Angiospermae
Class               : Dicotyledonae
Ordo               : Rubiales
Family                        : Rubiaceae
Genus             : Coffea
Tanaman kopi dapat tumbuh optimal pada 0 – 10 derajat LS dan 0 – 5 derajat LU. unsur iklim yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman kopi adalah : elevasi : 800 – 1500 mdpl untuk arabika dengan suhu antara 17 – 21 derajat celcius. Sedangkan kopi rubusta dapat ditanam pada elevasi 0 – 1000mdpl dengan temperatur rata2 21 – 24 derajat celcius. Curah Hujan : 2000 –3000 mm/th dengan +/- 3 bulan kering Tanah : kadar BO minimal 3%, pH 5.5 – 6.5








Biologi Tanaman Kopi
a, sistem percabangan
Kopi (Coffea spp) adalah species tanaman berbentuk pohon yang termasuk dalam family Rubiaceae dan genus Coffea. Tanaman ini tumbuhnya tegak, bercabang, dan bila dibiarkan tumbuh dapan mencapai tinggi 12 m. daunnya bulat telur dengan ujung agak meruncing. daun tumbuh berhadapan pada batang, cabang, dan ranting-rantingnya. Kopi mempunyai sistem percabangan yang agak berbeda dengan tanaman lain. tanaman ini mempunyai beberapa jenis cabang yang        sipatnya Berbeda

Sistem perakaran
            Meskipun kopi merupakan tanaman tahunan, tetapi umumnya mempunyai perakaran  yang dangkal. Oleh karena itu tanaman ini mudah mengalami kekeringan pada kemarau panjang bila di daerah perakarannya tidak di beri mulsa.  Secara alami tanaman kopi memiliki akar tunggang sehingga tidak mudah rebah. Tetapi akar tunggang tersebut hanya dimiliki oleh tanaman kopi yang bibitnya berupa bibit semaian atau bibit sambungan (okulasi) yang batang bawahnya merupakan semaian. Tanaman kopi yang bibitnya berasal dari bibit stek, cangkokan atau bibit okulasi yang batang bawahnya merupakan bibit stek tidak memiliki akar tunggang sehingga relative   mudah rebah.                                                                                                       

Bunga  dan Buah.
            Tanaman kopi umumnya akan mulai berbunga setelah berumur ± 2 tahun. Mula mula bunga ini keluar dari ketiak daun yang terletak pada batang utama atau cabang reproduksi. Tetapi bunga yang keluar dari kedua tempat tersebut biasanya tidak berkembang menjadi buah, jumlahnya terbatas, dan hanya dihasilkan oleh tanaman tanaman yang masih sangat muda. Bunga yang jumlahnya banyak akan keluar dari ketiak daun yang terletak pada cabang primer.Bunga ini berasal dari kuncup-kuncup sekunder dan reproduktif yang berubah fungsinya menjadi kuncup bunga.Kuncup bunga kemudian berkembang menjadi bunga secara serempak dan bergerombol.




0 Comments On "Syarat Tumbuh Tanaman kopi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERITA TERKINI

« »
« »
« »

GALERY AGROTEKNOLOGI

Cari Blog Ini

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

ANDA PENGUNJUNG KE

Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Templates

Translate

close

Entri Populer

SALAM AGROTEKNOLOGI

SALAM AGROTEKNOLOGI

Cuaca Hari ini

free counters

HASIL PERTANIAN

HASIL PERTANIAN

Pengikut

About Me