Selasa, 31 Januari 2012 1/31/2012

Profil Kota Subulussalam

 

Profil Kota Subulussalam

Logo Secara geografis letak Kota Subulussalam berbatasan langsung dengan Sumuatera Utara (Sumut), Kota Subulussalam juga merupakan gerbang utama masuk ke Provinsi Aceh melewati rute pantai barat selatan Aceh dengan batas-batas wilayahnya sebagai berikut:

" Utara berbatas dengan Kabupaten Aceh Tenggara dan Kabupaten Dairi Sumu
" Selatan berbatasan dengan Kabupaten Aceh Singkil
" Barat berbatasan dengan Aceh Selatan
" Timur berbatasan dengan Kabupaten Pakpak Barat dan Kabupaten Dairi Sumut

Kota Subulussalam adalah salah satu dari 5 (lima) kota yang terdapat di Provinsi Aceh, letak disepanjang hamparan Bukit Barisan menjadikan Kota Subulussalam sebagai kota yang mempunyai panorama alam yang sangat indah. Kota Subulussalam mempunyai penduduk dari berbagai latar belakang etnis diantaranya Etnis Singkil (boang), etnis Batak (Pakpak), etnis Aceh, Etnis Alas, Minang dan Jawa menjadikan kota ini sebagai kota yang multi etnis.

Dalam komunikasi sehari-hari penduduk Kota Subulussalam menggunakan bahasa daerah yaitu Bahasa Boang dan Bahasa Pakpak. Kota Subulussalam memiliki luas Daerah lebih kurang 1.391 km dan jumlah penduduk 65.000 jiwa yang mendiami 5 (lima) Kecamatan yaitu: Kecamatan Longkip, Kecamatan Penanggalan, Kecamatan Rundeng, Kecamatan Simpang Kiri, Kecamatan Sultan Daulat

Meskipun baru mempunyai umur yang masih cukup muda, Kota Subulussalam mempunyai potensi-potensi alam yang cukup banyak yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Potensi wisata misalnya dan sumber daya alam besar lainnya bisa memberikan kontribusi yang sangat signifikan bagi pendapatan daerah (PAD) bila dikelola dengan sumber daya manusia yang memadai dan juga tidak terlepas dari perhatian dan dukungan pemko untuk mencaai kesejahteraan rakyatnya.

Komoditi unggulan Kota Subulussalam yaitu sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi Kelapa sawit, kakao, dan Kopi.





Sumber Data:
Aceh Dalam Angka 2010
BPS Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
Jln Tgk. H. M. Daud Beureueh No. 50 Banda Aceh
Telp (0651) 23005
Fax (0651) 33632

Updated: 29-12-2011





 
 

0 Comments On "Profil Kota Subulussalam"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERITA TERKINI

« »
« »
« »

GALERY AGROTEKNOLOGI

Cari Blog Ini

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

ANDA PENGUNJUNG KE

Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Templates

Translate

close

Entri Populer

SALAM AGROTEKNOLOGI

SALAM AGROTEKNOLOGI

Cuaca Hari ini

free counters

HASIL PERTANIAN

HASIL PERTANIAN

Pengikut

About Me