Selasa, 31 Januari 2012 1/31/2012

pertanian kota subulussalam

Potensi Pertanian  Kota Subulussalam

Luas Wilayah 1.391 Km2, Kota Subulussalam terdiri dari: 5 kecamatan, 8 Mukim dan 74 desa. Hasil komoditas perkebunan utama di Subussalam adalah Kelapa Sawit dan Karet. Selain itu masih terdapat kelapa, pinang, sagu dan coklat. Pertanian Jagung dan Padi merupakan komoditas pertanian utama, selain Ubi Kayu, Kedelai dan Kunyit. Peternakan punya potensi dikembangkan lebih jauh karena tersedianya padang pengembalaan yang cukup luas. Kota Subulussalam adalah sebuah kota di Provinsi Aceh, Indonesia. Kota ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2007, pada tanggal 2 Januari 2007. Kota ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil.
Potensi Alam Perkebunan Hasil komoditas perkebunan utana di subussalam adalah Kelapa Sawit dan Karet. Selain itu masih terdapat kelapa, pinang, sagu dan coklat.
Komoditas unggulan untuk sub-sektor tanaman pangan adalah padi sawah diikuti oleh jagung pada posisi kedua. Komoditas padi sawah ini terdapat di semua kecamatan dalam Kota Subulussalam sehingga keunggulan komoditas ini sangat rasional. Demikian juga halnya dengan jagung, komoditas ini ditemui di semua kecamatan dalam wilayah kabupaten ini. Sedangkan sayur-sayuran, komoditas unggulan pada posisi pertama adalah cabai diikuti oleh kacang panjang. Kedua komoditas ini pun ditemui di semua kecamatan yang ada.
Kelapa sawit merupakan komoditas unggulan dari sektor perkebunan. Pada tahun 2008 jumlah produksi kelapa sawit tercatat sebesar 11.209 ton. Banyaknya kelapa sawit yang dihasilkan tidak terlepas dari luas areal perkebunan kelapa sawit sebesar 2.900 Ha. Industri perbengkelan merupakan unggulan pada sektor industri disamping industri bahan pangan dan konveksi. Komoditas jagung merupakan unggulan pada sektor tanaman pangan. Rambutan adalah komoditas unggulan buah-buahan di Kota Subulussalam, di mana komoditas ini tersebar di sebagian besar kecamatan yang ada di wilayah ini. Komoditas unggulan kedua adalah nangka dan komoditas ini juga terdapat di sebagian besar kecamatan dalam wilayah Kota Subulussalam. Kelapa sawit dan karet merupakan komoditas unggulan lintas sektor. selain itu ayam ras adalah komoditas unggulan sektor peternakan di Kota Subulussalam sedangkan ayam buras merupakan komoditas unggulan kedua di sektor ini. Kedua komoditas ini terdapat di semua kecamatan dalam wilayah Kota Subulussalam. Selanjutnya, komoditas unggulan sektor perikanan adalah belut dan unggulan kedua untuk sektor tersebut adalah gabus.
Subussalam menghasilkan berbagai komoditas perkebunan yang cukup vital seperti kelapa sawit, karet, nilan, pinang dan coklat. Namun sayangnya berbagai komoditas ini belum diolah dan diproses lebih jauh. Industri pengolahan komoditas perkebunan adalah salah satu peluang invesatsi yang cukup menarik untuk dikembangkan di wilayah ini, karena banyaknya tersedia bahan baku untuk mendukung industri ini.


sumber http://acehfair.acehprov.go.id/potensi-aceh/kota-subulussalam/

0 Comments On "pertanian kota subulussalam"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERITA TERKINI

« »
« »
« »

GALERY AGROTEKNOLOGI

Cari Blog Ini

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

ANDA PENGUNJUNG KE

Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Templates

Translate

close

Entri Populer

SALAM AGROTEKNOLOGI

SALAM AGROTEKNOLOGI

Cuaca Hari ini

free counters

HASIL PERTANIAN

HASIL PERTANIAN

Pengikut

About Me