Selasa, 31 Januari 2012 1/31/2012

Tanaman kubis ( Brassica oleracea L.) merupakan


PENDAHULUAN
Latar Belakang
            Tanaman kubis ( Brassica oleracea L.) merupakan salah satu aggota family  kubis-kubisan. Menurut Pracaya ( 2001) kubis bunga mempunyai peranan sangat penting bagi kesehatan manusia ,dimana kubis banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Sebagasi sayuran ,kubis dapat membantu pencernaan ,menetralkan zat-zat asam dan mempelancar buang air besar.permintaan terhadap kubis bunga  sebagai salah satu sayuran ekspor semakin lama samakin tinggi,terutama daari Malaysia,Singapura,Taiwan dan Jepang. Williams,Uzo dan Peregrine ( 1993)mengemukakan bahwa, kubis bunga masuk ke Indonesia dari India pada abad ke XIX.Peningkatan penanaman di Indonesia terlihat dari luasnya penanaman yang  telah mencapai  66.914 ha dengan hasil produksi 1336.410 ton, yang tersebar dari daerah Sumatra,Jawa ,Sulawesi, Nusa tenggara, Maluku, dan Irian Jaya. Sedangkan untuk Provinsi Nanggro Aceh Darussalam produksi kubis telah mencapai 117.382 kwintal per hektar yang tersebar pada kabupaten Aceh Tengah dan Aceh Tenggara ( Anonymous, 2002 ).
            Berbagai jenis sayuran memerlukan cara bertanam tersendiri .ada biji yang dapat langsung ditanam dilapangan ,adapula yang penamamannya melalui persemaian lebih dahulu.kubis bunga ditanam dengan menggunakan biji yang disemai terlebih dahulu dan kemudian di sapih ( Anonymous,2002).Pemindahan bibit kubis bunga dilakukan pada usia 1 bulan atau bibit telah berdaun 3-4 helai karena  telah mempunyai perakaran yang kuat ,tetapi terkadang  ada juga yang pada usia 10-15 hari bibitdipindahkan ke bumbung ( koker ), setelah itu baru  dipindahkan kelahan  (Anonymous,1996 ).
            Pemupukan  pada tanaman dapat diberikan melalui tanah ataupun daun.pemberian pupuk ditanah kadang –kadang kurang menguntungkan , yang dikarenakan banyaknya unsure hara yang terfiksasi ,tercuci dan adanya interaksi degan tanah ,sehingga unsure hara tersebut relative sedikit tersedia bagi tanaman .sedangkan pemberian pupuk melalui daun lebih efektif dan efesien karena unsure hara makro dan mikro langsun dapat terserap oleh tanaman (Suhadi, 1980 ).
Osman (1996 ) menyatakan penyerapan hara oleh tanaman melalui daun lebih cepat, disebabkan adanya stomata ( mulut daun ) yang secara otomatis ( dalam kondisi tertentu ) akan langsung menyerap larutan pupuk yang menempel pada permukaan daun. Ditambahkan oleh Harjadi (1996) bahwa hara yang diserap dengan pemupukaan melalui daun berlangsung lebih cepat dibandingkan melalui tanah.pemberian pupuk melalui daun yang harus diperhatikan adalah konsentrasi pupuk,karena pupuk yang diberikan dengan konsentrasi yang tidak tepat  akan merusak tanaman .paada konsentrasi yang terlalu tinggi akan menyebabkan tanaman tercini dan bola konsentrasi rendah maka tidak memberikan hasil yang baik bagi pertumbuhan tanaman ( Lingga, 1994).
            Dewasa ini banyakdiperdagangkan berbagai jenis pupuk yang dapat diberikan melalui daun ,salah satunya aadalah pupuk Bayfolan yang mengandung unsure hara makro dan mikro ,konsentrasi pupuk Bayfolan yang dianjurkan untuk tanaman sayuran adalah 2-3 cc/l air dengan interval pemberian 7-14 sehari sekali,umur bibit yang sesuai untuk pemindahan kelapangan dan berapa konsentrasi pupuk Bayfolan  yang tepat agar menghasilkan kubis bunga yang bermutu tinggi,meruoakan permasalah dalam penelitian ini
Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui umur bibit dan konsentrasi pupuk Bayfolan yang tepat bagi pertumbuhan dan hasil kubis bunga,serta untuk mengetahuinyata atau tidaknya interaksi antar kedua factor tersebut.

0 Comments On "Tanaman kubis ( Brassica oleracea L.) merupakan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERITA TERKINI

« »
« »
« »

GALERY AGROTEKNOLOGI

Cari Blog Ini

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

ANDA PENGUNJUNG KE

Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Templates

Translate

close

Entri Populer

SALAM AGROTEKNOLOGI

SALAM AGROTEKNOLOGI

Cuaca Hari ini

free counters

HASIL PERTANIAN

HASIL PERTANIAN

Pengikut

About Me