Kamis, 15 Maret 2012 3/15/2012

Fakultas Pertanian UNSYIAH:(Kampus HIJAU)

Add caption


Fakultas Pertanian merupakan fakultas kelima dalam lingkungan Universitas Syiah Kuala. Fakultas Pertanian didirikan tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1964 dan secara resmi dibuka untuk menerima mahasiswa pada kali pertama pada Hari Senin 16 November 1964 yang ditandai dengan penandatangan piagam di Kampus Darussalam oleh Menteri PTIP.
Jumlah mahasiswa pertama sekali adalah 77 orang dengan sejumlah staf pengajar luar biasa. Pada awal kegiatannya, Fakultas Pertanian menggunakan gedung Fakultas Teknik yang sekarang menjadi gedung Fakultas Hukum. Pada tahun 1965 barulah Fakultas Pertanian mendapatkan gedung untuk ruang kuliah, sementara kegiatan administrasi masih menggunakan beberapa ruang di FKIP. Sejalan dengan waktu, jumlah mahasiswa di Fakultas Pertanian semakin meningkat. Pada tahun 1975, Fakultas Pertanian menggunakan ruangan di Laboratorium Induk (sekarang FMIPA) sebagai ruang kuliah.
Pada tahun 1979, Fakultas Pertanian telah memiliki gedung permanen yang dilengkapi dengan fasilitas pendidikan antara lain perpustakaan, dua buah rumah kaca dan beberapa laboratorium serta kebun percobaan. Gedung tersebut diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, yaitu Dr. Daoed Yosoef.
Pada tahun 1999, Fakultas Pertanian mendapatkan bantuan dari OECF (Overseas Economic Cooperation Fund) sebuah lembaga keuangan pemerintah Jepang untuk mendirikan gedung baru lengkap dengan peralatan laboratorium. Gedung ini digunakan hingga saat ini sebagai pusat kegiatan akademik dan administrasi.
Pada tahun 1983, Fakultas Pertanian memiliki 4 untuk program sarjana yaitu Jurusan Budidaya Pertanian, Hama dan Penyakit Tumbuhan Sosial Ekonomi Pertanian, serta Jurusan Peternakan. Pada tahun 1997, Fakultas Pertanian membuka 2 jurusan lagi yaitu Jurusan Teknologi Hasil Pertanian dan Teknik Pertanian. Pada tahun 2008, Jurusan Budidaya Pertanian yang terdiri atas Program Studi Ilmu Tanah dan Agronomi bergabung dengan Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan membentuk Program Studi Agroteknologi. Saat ini, Fakultas Pertanian memiliki 5 program studi untuk jenjang sarjana (S1) yaitu Program Studi Agroteknologi, Agribisnis, Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian dan Peternakan. Sementara itu, sejak tahun 2003 Fakultas Pertanian mulai menerima mahasiswa program diploma tiga yang terdiri atas program studi Manajemen Agribisnis dan Budidaya Peternakan guna memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja trampil.
Fakultas Pertanian dalam penyelenggaran pendidikan menggunakan Sistem Kredit Semester yang memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan studinya pada program S1 selama 4 – 7 tahun dan program D3 selama 3 – 4 tahun. Saat ini Fakultas Pertanian sedang mengembangkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) guna meningkatkan kemandirian dan daya analisa lulusannya. Program Studi Agroteknologi pertama kali menerapkan KBK pada tahun 2008, sementara Program Studi Agribisnis akan menerapkannya untuk pertama kali pada tahun ajaran 2009/2010. Program studi lainnya akan menyusul pada tahun-tahun berikutnya.
Fakultas Pertanian Unsyiah telah memiliki fasilitas yang lengkap disamping untuk menyelenggarakan pendidikan sarjana dan diploma tiga, juga menyelenggarakan program jenjang S2 di bidang Konservasi Sumber Daya Lingkungan (KSDL). Beberapa program S2 telah direncanakan pula untuk dibuka. Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Fakultas Pertanian Unsyiah yaitu laboratorium, kebun percobaan, rumah kaca, dan university farm yang terdiri atas lima stasiun masing-masing organic farm, paddy farm, stasiun Ie Su’um, Bener Meriah, dan Lamno serta farm peternakan.
Fakultas Pertanian tumbuh dan berkembang menjadi fakultas yang terkemuka di Pulau Sumatera. Fakultas Pertanian memiliki 231 staf pengajar yang ahli di bidangnya lulusan universitas terkemuka di dalam dan luar negeri dan terdiri atas 12 professor, 48 doktor (S3), 102 master (S2) serta 69 tenaga S1. Berbagai kerjasama nasional dan internasional telah berhasil pula dijalin guna meningkatkan kualitas staf pengajar dan lulusannya. Melalui program Asia Link, kerja sama dijalin dengan Goettingen University, Humbold University of Berlin, Copenhagen University Denmark, Katholieke University Leuven Belgia, The Swedish University of Agriculture Sciences, LaSalle Beauvais Polytechnic Insitute French, China Agriculture University dan Hanoi University of Agriculture Vietnam. Triangle Partnership merupakan kerjasama antara Unsyiah dengan Goettingen University Germany dan Institut Pertanian Bogor. Kerjasama dijalin pula dengan Prince of Songkla University Thailand dan Temasek Singapura.


SUMBER: LdkAlihsan.wordpress.com

0 Comments On "Fakultas Pertanian UNSYIAH:(Kampus HIJAU)"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERITA TERKINI

« »
« »
« »

GALERY AGROTEKNOLOGI

Cari Blog Ini

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

ANDA PENGUNJUNG KE

Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Templates

Translate

close

Entri Populer

SALAM AGROTEKNOLOGI

SALAM AGROTEKNOLOGI

Cuaca Hari ini

free counters

HASIL PERTANIAN

HASIL PERTANIAN

Pengikut

About Me