Kamis, 31 Mei 2012 5/31/2012

Genom Tomat Terkuak


 
KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWAN Petani mengamati tomat varietas tantyna di kebun riset dan pengembangan PT Ewindo di Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (8/5/2012). Tantyna adalah satu dari enam varietas tomat tahan virus gemini yang baru dirilis oleh produsen benih tersebut. Tujuh tahun terakhir virus gemini kerap merusak tanaman petani dan menurunkan produksi tomat, mentimun, kacang panjang, dan cabai hingga lebih dari 50 persen.


CALIFORNIA, KOMPAS.com — Ilmuwan berhasil mengurutkan genom tomat (Solanum lycoipersicum), spesifiknya genom tomat "Heinz 1706".

Keberhasilan ini akan membantu para ilmuwan untuk memahami panen, nutrisi, resistensi penyakit, rasa, dan warna tomat yang saat ini telah menjadi komoditas global.


Sejumlah peneliti yang tergabung dalam Tomato Genomics Consortium (kolaborasi ilmuwan Argentina, Belgia, China, Korea Selatan, Inggris, India, dan lainnya) terlibat riset ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tomat memiliki 35.000 gen yang tersusun dalam 12 kromosom.

Ilmuwan seperti Graham Seymour dari University of Nottingham percaya bahwa keberhasilan mengurutkan gen tomat akan berdampak besar. Dalam waktu lima tahun, manusia bisa menikmati tomat yang lebih lezat dan berdaging.

"Saat kita tahu genomnya, kita bisa menarget gen yang mengontrol rasa secara terpisah dari gen lain," kata Seymour seperti dikutip BBC, Rabu (30/5/2012).

"Jadi, sangat mungkin dalam waktu dekat kita memiliki tomat yang tahan lama, memiliki warna merah gelap, kaya fitokimia, dan lebih enak rasanya," tutur Seymour menambahkan.

Penemuan ini diharapkan juga bisa membantu langkah mengembangkan tomat tahan hama sehingga mengurangi penggunaan pestisida.

Sementara Gerard Bishop, peneliti lain, mengungkapkan, "Karena beberapa wild type dari tomat berasal dari gurun, akan ada gen yang dikembangkan di dalamnya yang bisa membantu upaya mitigasi perubahan iklim."

Riset ini dipublikasikan di jurnal Nature.

sumber: www. kompas.com
http://sains.kompas.com/read/2012/05/31/11462439/Genom.Tomat.Terkuak

0 Comments On "Genom Tomat Terkuak"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERITA TERKINI

« »
« »
« »

GALERY AGROTEKNOLOGI

Cari Blog Ini

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

ANDA PENGUNJUNG KE

Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Templates

Translate

close

Entri Populer

SALAM AGROTEKNOLOGI

SALAM AGROTEKNOLOGI

Cuaca Hari ini

free counters

HASIL PERTANIAN

HASIL PERTANIAN

Pengikut

About Me