Kamis, 27 September 2012 9/27/2012

Menteri Pertanian Suswono Himbau Masyarakat Kurangi Makan Nasi

Palu (17/9) –  Menteri Pertanian Suswono menghimbau kepada masyarakat untuk tidak tergantung pada nasi dalam mengatur pola makan sehingga seolah-olah belum kenyang jika belum makan nasi. 

“Kita ini sepertinya belum puas juga jika belum makan nasi, padahal sudah makan lima tongkol jagung,” kata Mentan Suswono saat menghadiri panen raya di Desa Sibalaya, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (17/9/2012).

Dia mengatakan, kondisi tersebut merupakan lapar secara psikologis karena masyarakat sudah terbiasa makan nasi sejak kecil. Padahal Indonesia memiliki sumber pangan beragam selain beras, seperti ubi, sagu, jagung, singkong, kentang, dan berbagai umbi-umbian lainnya. Oleh karenanya, ia  mengimbau masyarakat untuk membiasakan mengkonsumsi aneka sumber pangan selain nasi. 

"Sepertinya masyarakat kita belum makan kalau belum makan nasi. Ini mungkin karena belum terbiasa saja. Kebetulan ini banyak ibu-ibu. Saya minta anak-anak kita dilatih untuk tidak makan nasi tiga kali sehari, diusahakan pola makan diatur, misalnya pagi kita makan ubi, siangnya nasi, dan malam mungkin bisa jagung. Ini sehat. Sering mengonsumsi nasi juga tidak baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan penyakit diabetes karena kandungan gula di dalam nasi cukup tinggi," ungkap Suswono. 

Suswono berharap masyarakat bisa melakukan selang-seling dalam mengatur pola makanan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Kandungan karbohidrat juga terdapat pada ubi dan jagung yang juga menyehatkan. Menurutnya, yang ditingkatkan adalah konsumsi protein yang diperoleh dari daging, ikan, ataupun daging ayam. Selain sehat, juga dapat mencerdaskan. 

Mentan Suswono menjelaskan, rakyat Indonesia membutuhkan beras 2,7 hingga 2,8 juta ton per bulan. Kebutuhan pangan ini merupakan kebutuhan terbesar di dunia. Menurutnya, jika konsumsi pangan khususnya beras ini tidak menurun, bisa jadi target 2014 Indonesia surplus beras 10 juta ton belum bisa tercapai.

"Kita ingin cadangan pangan kita harus kuat. Makanya, saya berharap produksi akan kita tingkatkan. Sawah-sawah bisa kita cetak baru, tapi kalau konsumsinya tidak bisa diturunkan, sulit rasanya kita bisa surplus beras lebih dari 10 juta ton," imbuhnya. 

Lebih lanjut beliau memaparkan bahwa stok pangan secara nasional cukup aman, meski ada gangguan kekeringan di sejumlah daerah di Tanah Air. "Soal ketersediaan pangan, khususnya beras dijamin aman," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pertanian Suswono juga melarang kepala daerah membeli buah impor dengan menggunakan dana anggaran pembangunan dan belanja daerah (APBD). "Kita harus membeli buah lokal dalam memberdayakan petani. Para Bupati dan Walikota saya harap tidak menggunakan dana APBD untuk beli buah impor," katanya. 

Dia berharap semangat untuk tidak membeli buah impor harus dipertahankan sehingga bisa memicu semangat petani tetap membudidayakan buah lokal. Menurutnya, kualitas buah lokal dengan buah impor tidak berbeda jauh. "Jeruk impor dengan jeruk lokal rasanya juga mirip, hanya berbeda warna. Namun jika kita terpaksa harus beli buah impor, buah impor tersebut harus tidak ada sama sekali di Indonesia, seperti buah kiwi," ujar Suswono.

Dia juga mengajak masyarakat untuk menggemari buah lokal di tengah banyaknya buah impor yang membanjiri pasar-pasar. Menteri Pertanian menyebutkan buah impor yang beredar di Indonesia saat ini mencapai tujuh hingga delapan persen dari produksi buah nasional. 

Menurut Mentan, Pemerintah kini tengah berupaya untuk mendekatkan petani kepada penjual tingkat akhir, sehingga masyarakat bisa menikmati buah lokal dengan harga relatif murah. Suswono juga berharap agar penjual buah lokal mengemas produknya dengan menarik agar memikat konsumen untuk membelinya.

Sumber: Biro Umum dan Hubungan Masyarakat
http://www.deptan.go.id/news/detail.php?id=1035

0 Comments On "Menteri Pertanian Suswono Himbau Masyarakat Kurangi Makan Nasi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERITA TERKINI

« »
« »
« »

GALERY AGROTEKNOLOGI

Cari Blog Ini

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

ANDA PENGUNJUNG KE

Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Templates

Translate

close

Entri Populer

SALAM AGROTEKNOLOGI

SALAM AGROTEKNOLOGI

Cuaca Hari ini

free counters

HASIL PERTANIAN

HASIL PERTANIAN

Pengikut

About Me