Jumat, 01 Juni 2012 6/01/2012

Terlupakan, Potensi Pertanian Digali Lagi

petani ant2
       Petani memanen padi. Foto: Antara

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus pertanian tahun depan. Hal tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun yang berakhiran angka 3. Sensus pertanian ini juga dilakukan dengan tujuan mencari potensi sektor pertanian yang masih bisa dikembangkan.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, sektor pertanian ini sempat terlupakan, seiring dengan gencarnya pembangunan ekonomi Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu alasan pihaknya melakukan sensus ini.

"Kita akan melihat potensinya seperti apa, hampir dilupakan, padahal pada 1998, sektor inilah yang menolong banyak pekerja baru. BPS 2013 akan melakukan sensus pertanian," ujar Suryamin di kantornya, Jakarta, Senin 2 April 2012.

Pendataan potensi sektor pertanian tersebut, menurut dia, merupakan sesuatu yang penting bagi Indonesia. Sebab selain menyumbang kontribusi penerimaan bagi Indonesia, sektor ini juga menyumbang pengurangan tenaga kerja di Indonesia.

"Ini kan penting karena negara kita agraria dan memiliki peran 14,7 persen dari PDB, dari total pekerja di Indonesia, sebanyak 39,33 persen penduduk bekerja di sektor pertanian," jelas Suryamin.

Selain itu, lanjut dia, sektor ini juga mendorong pergerakan sektor-sektor lain, khususnya sektor industri. Untuk itu BPS akan mulai mempersiapkan sensus ini, sehingga diharapkan akan berjalan dengan baik nantinya.

"Awal April BPS akan mendata perusahaan-perusahaan di sektor pertanian. Ini juga dapat membantu mendorong industri. Nanti BPS akan memberikan informasi awal untuk diketahui dan diekspos, karena ini sangat penting," tutup Suryamin.

sumber : http://www.centroone.com/news/2012/04/1ss/terlupakan-potensi-pertanian-digali-lagi/
Reporter: Raden Jihad Akbar - Editor: Shinta Sinaga

0 Comments On "Terlupakan, Potensi Pertanian Digali Lagi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERITA TERKINI

« »
« »
« »

GALERY AGROTEKNOLOGI

Cari Blog Ini

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

ANDA PENGUNJUNG KE

Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Templates

Translate

close

Entri Populer

SALAM AGROTEKNOLOGI

SALAM AGROTEKNOLOGI

Cuaca Hari ini

free counters

HASIL PERTANIAN

HASIL PERTANIAN

Pengikut

About Me